About

Selasa, 08 Januari 2013

Diet Sedang Haid

Diet Sedang Haid

Cara Diet Sedang Haid.  Meskipun sedang haid atau menstruasi Wanita bisa melakukan Diet aat Haid atau diet saat menstruasi. Wanita yang sedang haid cenderung ingin banyak makan, terutama makanan yang gurih, asin dan manis.
Padahal makanan-makanan tersebut justru bisa memperparah kondisi emosional belum lagi tubuh yang menggemuk akibat berlebihan mengonsumsi makanan manis dan berlemak. selain emosi yang naik-turun, nafsu makan juga meningkat.

Jalankanlah pola diet sehat saat haid dan bernutrisi lengkap. Agar tubuh tetap sehat dan mood juga stabil selama periode haid, Anda harus memperhatikan makanan yang diasup.  Simak tips untuk diet saat haid berikut ini, seperti dikutip dari iDiva.

Makanan yang Harus Dikonsumsi

Kalsium
Masukkan sedikitnya satu jenis makanan berkalsium tinggi dalam daftar diet harian Anda. Kalsium pada susu kedelai atau tahu lebih baik dibandingkan susu full cream, selain sehat juga tidak membuat gemuk. Makanan kaya kalsium membuat tulang kuat dan memberi tambahan energi saat darah banyak berkurang karena menstruasi.

Karbohidrat Kompleks
Nasi merah, gandum utuh dan buah-buahan segar kaya akan serat yang membuat perut kenyang lebih lama tanpa membuatnya terasa kembung dan penuh. Di samping itu, karbohidrat kompleks membantu mengurangi penumpukan air yang berlebihan pada tubuh.

Air Putih
Saat haid, tubuh akan kehilangan banyak cairan. Jangan beranggapan kalau minum banyak air bisa menambah penumpukan cairan dalam tubuh. Mencukupi asupan air justru solusi yang baik untuk mencegah perut kram dan dehidrasi.

Mineral
Jenis mineral seperti potassium juga membantu mengurangi penumpukan cairan. Jeruk dan nanas merupakan buah yang kaya akan jenis mineral ini. Konsumsi juga cukup magnesium yang terdapat dalam biji-bijian dan kacang untuk mengurangi tubuh yang terasa bengkak.

Protein
Protein memberikan Anda energi yang cukup untuk beraktivitas seharian saat haid. Dapatkan asupan protein sehat dari telur putih rebus, dada ayam tanpa lemak dan susu rendah lemak.

Vitamin B6
Vitamin ini dikenal bisa mencegah depresi. Sarapanlah dengan pisang dan oatmeal untuk memulai hari yang sehat.

Zat Besi
Wanita akan kehilangan banyak darah selama menstruasi, untuk itu sangat penting mencukupi asupan zat besi. Konsumsilah buah kurma, kacang-kacangan dan daging merah dalam jumlah yang cukup. Makanan ini kaya akan zat besi.

Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi

Kafein
Zat yang banyak terkandung dalam kopi dan minuman energi ini meningkatkan hormon estrogen di dalam tubuh yang bisa memperkuat gejala PMS. Saat haid, hindari makanan atau minuman mengandung kafein seperti teh, kopi, cola dan cokelat untuk mengurangi mood yang naik-turun.

Gula
Kadar gula ang tidak stabil di dalam tubuh bisa membuat Anda merasa malas dan lesu. Gula juga bisa menyebabkan mood naik-turun. Jauh-jauh dari cake, pastry, minuman bersoda, permen dan es krim selama masa menstruasi.

Garam
Kadar garam yang berlebihan bisa meningkatkan penumpukan cairan yang menyebabkan tubuh bengkak dan terasa kembung. Hindari makanan olahan dan cepat saji yang tinggi kandungan garam.
Semoga menambah pengetahuan dan bermanfaat azberita.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar