About

Selasa, 29 Mei 2012

10 TIPS MENGHINDARI STRESS DALAM KERJA



Anda bisa terhindar dari stress jika bias mengatasi semua tekanan kerja mulai dari jadwal pertemuan yang padat serta deadline. Bagaimana caranya ? Berikut saya akan memberikan 10 tips sederhana yang bisa membantu anda mengurangi stress di tempat kerja .
1. Atur waktu lebih efektif
Banyak orang yang cendrung memboroskan waktu dengan mengerjakan tugas – tugas yang tidak penting. Karena itu, mulaiah menyusun prioritas dalam hari – hari anda dan lakukan pekerjaan paling penting terlebih dahulu. Tugas – tugas yang tidak penting bisa menunggu namun sering menyita waktu dan jangan menyerah terhadap tugas – tugas yang kurang menyenangkan menurut anda.

2. Pola hidup sehat
Dengan mengkonsumsi diet sehat, olahraga teratur dan istirahat cukup, maka tubuh akan lebih mampu mengendalikan stress.
                         
3. Jangan terlalu memaksakan diri
Anda tidak perlu bekerja terlalu keras untuk membuat semua orang menyukai anda. Hal ini akan menjadi beban dan membuat stress. Anda akan lebih dari seharusnya jika hendak menyenangkan banyak  orang. Karena itu, belajarlah bersikap tegas dan mengatakan “ TIDAK ” tanpa menyingung perasaan orang lain.


4. Temukan penyebab stress
Luangan waktu untuk menemukan hal – hal yang membuat anda cemas dan mulailah mengubah perilaku kecemasan anda.

5. Hindari konflik
Tidak perlu memaksakan pendapat anda. Carilah solusi masalah yang bisa mndatangkan manfaat positif bagi kedua belah pihak.

6. Terimalah hal yang tidak bisa
Anda ubah situasi yang sulit tidak selalu bisa diubah. Jika ini menjadi penyebab stress anda, cobalah menerima hal – hal tersbut sebagaimana adanya.

7. Rileks dan mengisi energy
Anda akan bekerja lebih baik setelah istirahat dan bisa mengganti waktu yang anda habiskan untuk relaksasi.

8. Bertemu teman – teman
Teman bisa membantu anda melihat hal dengan cara yang brbeda. Aktivitas dengn teman – teman akan mmembuat anda rileks dan tertawa. Hal ini akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sering kali menurunkan saat stress.

9. Ubah cara pandang
Jika ada sesuatu yang menggangu anda, cobalah melihatnya dari sudut pandang yang berbeda. Bicarakn masalah anda dengan teman. Berbicara kepada orang lain akan membantu anda melihat denga cara yang berbeda, sehingga mengurangi stress.

10.   Hindari  alkohol, nikotin dan kafein untuk memecahkan masalah.
Dalam jangka panjang, hal ini justru akan memperburuk masalah. Sebagai contoh, kafein sebagai stimulant akan membuat tubuh bereaksi dan mengeluarkan respon stress dan menganggu kesehatan.

Demikian tips yang dapat menghindari stress dalam bekerja, usahakn  kita dapat terhindar dari stress tersebut yang membuat semua terasa tidak nyaman saat melakukan aktivitas.


                                                                                         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar