About

Kamis, 17 Januari 2013

Bolehkah Menggunakan Stagen atau Gurita Setelah Melahirkan?

Setelah melahirkan, anda pasti ingin tubuh anda kembali langsing seperti sebelum hamil. Banyak cara dilakukan, seperti diantaranya memakai stagen dan gurita.Sejaka dulu, bahkan sampai sekarang banyak wanita hamil yang memakai stagen setelah melahirkan. Tujuannya satu, yaitu agar perut kembali kencang dan langsing. Namun, apakah hal tersebut dibenarkan?.
Pada dasarnya, dunia kedokteran tidak menganjurkan setiap pasien bersalin untuk memakai stagen. Stagen tidak memeberikan efek positif dalam mengecilkan atau mengencangkan perut karena sifatnya yang pasif. Pada saat memakai stagen, perut anda memang terasa kencang, namun setelah stagen dilepas, perut akan kembali kendur seperti semula.
Ada lagi yang disebut gurita. Pemakaian gurita lebih dibolehkan daripada stagen, karena gurita tidak membalut perut ibu terlalu kencang seperti stagen. Oleh karena itu, lebih disarankan untuk memakai gurita daripada stagen. Anda yang melahirkan melalui proses operasi, dan jahitan operasi berada di tengah perut, dibolehkan memakai gurita daripada stagen. Namun hati-hati, pakailah gurita paling tidak satu minggu setelah persalinan. Ini untuk memberi waktu agar jahitan bekas operasi sudah lebih mengering. Jahitan yang masih baru atau basah jika langsung dipakaikan gurita, apalagi stagen, malah akan bertambah parah. Jahitan bisa terbuka kembali, atau bahkan bernanah.
Saat hamil, otot-otot tubuh anda menjadi kendur, khususnya otot dinding perut dan dasar panggul. Untuk mengatasinya, jalan paling baik dan sehat adalah dengan senam atau berolahraga. Untuk mengencangkan kembali otot dinding perut, anda dapat melakukan latihan seperti sit up dan jogging, tapi jangan mengangkat beban yang berat. Untuk otot dasar panggul, anda bisa mengencangkannya dengan latihan senam kegel. Senam kegel adalah senam untuk memperkuat otot-otot dasar panggul dan saluran kemih, yang juga berguna untuk mencegah anda mengompol saat proses persalinan.
Namun ada juga yang disebut dengan senam nifas, yang dilakukan pada saat nifas atau setelah melahirkan, dengan menekankan pada latihan pernapasan dan perut. Senam ini jauh lebih bermanfaat dalam mengembalikan kekecangan perut anda setelah bersalin, dengan cara yang sehat pula dan tentu saja tidak menyiksa



Tidak ada komentar:

Posting Komentar